Minggu, 26 Desember 2010

Tekhnik Analisis Meramalkan Kas Perusahaan

Teknik analisis meramalkan kas perusahaan
Adalah teknik untuk mengetahui keadaan sehat atau tidaknya kas pada sebuah perusahaan dimasa sekarang ataupun mendatang.

Keuangan Perusahaan
Adalah semua dana (arus masuk dan keluar) sebuah perusahaan yang mempengaruhi perkembangan perusahaan tersebut. Keuangan perusahaan memerlukan estimasi.
Estimasi merupakan sebuah prediksi atau perkiraan terhadap suatu faktor pada sebuah  perusahaan.

Langkah-langkah estimasi :
·         Perusahaan menentukan objek yang akan diestimasi
·         Mengumpulkan data-data perusahaan yang konsisten dan akurat sesuai dengan faktor yang akan diestimasi
·         Membuat grafik data sesuai dengan data yang tersedia
·         Pemilihan metode estimasi yang tepat
·         Menganalisis kesalahan-kesalahan pada estimasi yang telah dibuat

Estimasi Penjualan
Merupakan ramalan unit dan nilai uang penjualan suatu perusahaan. Apabila perencanaan keuangan disajikan dengan benar, maka informasi tersebut akan sangat berguna bagi pihak manajemen perusahaan dalam rangka mengembangkan usaha yang sedang dilakukan.

Estimasi Produksi
Merupakan prediksi biaya produksi dan jumlah barang yang akan diproduksi.

Estimasi Pembelian Bahan Langsung
Adalah pembelian barang secara langsung ataupun secara online. Estimasi ini sangat menguntungkan bagi penjual dan pembeli. Penjual dapat mempromosikan barang dagangannya secara online dan pembeli juga dapat menghemat waktu karna tidak perlu bertemu langsung dengan penjual. Pembeli cukup berada di depan komputer dan memilih barang yang akan dibelinya dan kemudian mentransfer sejumlah uang yang tertera.

Estimasi Pemakaian Bahan Langsung
Adalah biaya yang dikeluarkan untuk membiayai bahan baku, bahan pembantu dan bahan penunjang produksi.

Upah Langsung
Biaya manufaktur yang mudah dilacak keberadaannya dalam produk yang dibuat , misalkan ; 1unit meja belajar menyerap biaya kerja sebesar Rp. 250.000,- per unit . Selain upah langsung dalam proses produksi sering terjadi pembayaran untuk upah tidak langsung ( indirect labor ) , misalkan ; upah pemeliharaan mesin pabrik , penangan material , insinyur dan lainnya . Pos biaya tersebut masuk ke kategori biaya umum pabrik ( factory overhead )
Upah langsung tersebut berupa biaya variabel ( variable costs ) . Saat ini banyak perusahaan membayar para karyawan pabriknya dengan sistem gaji tetap (fixed salary) per bulan .

Estimasi beban Fabrikase
Merupakan estimasi yang menjelaskan tentang beban pabriksi.

Estimasi Harga Pokok Penjualan
Merupakan ramalan jumlah harga pokok penjualan yang terjadi.

Estimasi Beban Administrasi
Merupakan prediksi biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Estimasi Laba Rugi
Adalah laporan keuangan suatu perusahan yang menunjukan keuntungan atau kerugian. di mana semua laporan keuangan di tunjukan pada estimasi ini, karena dengan estimasi ini perusahaan ini bisa mengetahui apakah perusahaan ini mendapatkan keuntungan atau laba ataupun memperoleh kerugian.

Estimasi Kas
Merupakan  laporan keuangan yang menunjukan berapa uang yang di punyai oleh perusahaan itu, karena dengan adanya kas perusahaan dapat mengetahui berapa jumlah uang atau kas yang ada.apakah perusahan tersebut memperoleh keuntungan atau kenaikan kas atau bahkan memeproleh penurunan kas.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates